TUGAS
KONSEP TATA GRAHA
DISUSUN
OLEH:
ANJERI
RISKI
MAISAR
RUSIANA
SATRIA
RAWATI SIMBOLON
TENGKU
ADETIA FEBRIAN
POLITEKNIK
KESEHATAN KEMENKES RIAU
JURUSAN
KESEHATAN LINGKUNGAN
TA.2011/2012
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayahnya
sehingga saya dapat menyelesaikan “tugas tata graha” tentang “konsep tata
graham(housekeeping) “ ini tepat pada waktunya. Saya juga mengucapkan terima
kasih kepada dosen pembimbing saya yang telah membantu saya dalam penyusunan tugas
ini.
Saya menyadari masih banyak terdapat
kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan tugas ini karena itu kami sangat
berterima kasih apabila pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang
membangun guna menyempurnakan tugas ini. Semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi
pembaca.
Tanjungpinang,April 2012
Penyusun
KONSEP TATA GRAHA
Pengertian
Dalam bahasa inggris housekeeping mempunyai
arti:house berate rumah/bangunan/wisma/tempat menginap /hotel,sedangkan keeping
adalah menjaga/merawat/mengatur memelihara,sedangkan graham adalah bangunan
rumah/wisma/hotel.Definisi tata graham (housekeeping)adalah bagian dari
departemen yang bertanggung jawab mengatur atau menata peralata
,menjagakebersihan dan kenyamanan,memperbaiki kerusakan dan member dekorasi
dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi,bersih,menarik dan
menyenangkan bagi penghuninya.
Tujuan
Menyadarkan bahwa rumah/graham merupakan
salah satu kebutuhan manusia dalam mencapai kesejahteraan.
Konsep
tatalaksana
Suatu proses kegiatan untuk mencapai
tujuan yang dilakukan beberapa orang dengan mengalokasikan sumber daya
seefisian mungkin.
Fungsi
Fusing housekeeping dalam operasional suatu hotel sangat
penting.departemen housekeeping tidak hanya bertanggu jawab untuk mempersiapkan
dan membersihkan kamar(guestroom) pada saat kedatangan tamu ,tapi membersihkan
,merawat dan memelihara secara keseluruhan bagi hotel area sehingga terlihat
rapid an segar untuk melalui suatu bisnis.
Dalam operasional hotel ,kegiatan
pembersihan dilakukan dan dilaksanakan serta menjadi tanggu jawab departemen
housekeeping yang kegiatanya dipimpin oleh housekeeping maneger atau executive
housekeeping .dalam hotel organisasi departeman housekeeping biasanya mempunyai
tanggung jawab area yang sangat luas serta mempunyai jumlah staff yang lebih
banyak dari departemen lainnya.
Karyawan housekeeping memberikan pelanyanan terhadap kelancaran,kesiapan
dan pemeliharaan kamar tamu,pulic area,restaurant,meeting room,laundry,sarana
olahraga dan fasilitas lainnya.merekat merupakan bagian dari team yang selalu
siap membersihkan dan menyambut kedatangan tamu-tamu hotel.dalam operasional
hotel,hal-hal mengenai kebersihan dilakukan dan dilasanakan oleh departemen
housekeeping,yang kegiatannya dipimpim oleh housekeeping manager atau executive
housekeeping.
Seksi-seksi dalam pemeliharan dan pembersihan area
hotel:
1.
Public Area, seksi yang mempunyai tugas
dan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan,nkerapihan, keindahaan dan
kenyamanan seluru area hotel,baik yang ada diluar gedung maupun di dalam gedung
hotel,antara lain lobby area,restroom,restaurant,meeting room dan fasilitas
untuk karyawan hotel.
2.
Room seksi yang mempunyai tanggung
jawabuntuk mempersiapkan dan memjaga kebersihan,kerapihan dan kelengkapan kamar
tamu.
3.
Laundry,seksi yang mkempunyai tanggung
jawab untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluan kamar,
restaurant dan meeting room,menyediakan seragam bersih bagi karywan dan
memnersihkan kamar tamu yang kotor.
4.
Linen dan Uniform,seksi yang bertanggung
jawab untuk mengelola sirkulasi dan penyedian seluruh linen dan uniform bagi
kayawan.
5.
Florist seksi yang bertanggung jawab
untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang segar untuk memperindah
dekorasi dalam hotel.
6.
Gardener seksi yang bertanggung jawab
untuk memelihara tanaman-tanaman baik
didalam maupun diluar hotel.
Sasaran
Housekeeping
Kebersihan.
Kebersihan di suatu hotel sangat
menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman
dan tenang karena sanitasi dan hygine terjamin.bahkan banyak tamu yang
menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.
Kerapian.
Kerapian mencakup pengaturan tata letak
suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membut ruangan tersebut
menjadi lebih menarik.
Kelengkapan.
Mengantisipasi keperluan tamu selama
mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan
standardnya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung
kembali ke hotel.
Fasilitas.
Fasilitas mencakup semua peralatan yang
disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel,sehingga
fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak menggangu kegiatan
–kegiatan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar