Jumat, 20 April 2012


TUGAS
KONSEP TATA GRAHA

DISUSUN OLEH:
ANJERI
RISKI MAISAR
RUSIANA
SATRIA RAWATI SIMBOLON
TENGKU ADETIA FEBRIAN

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES RIAU
JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN
TA.2011/2012





KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan “tugas tata graha” tentang “konsep tata graham(housekeeping) “ ini tepat pada waktunya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing saya yang telah membantu saya dalam penyusunan tugas ini.
            Saya menyadari masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan tugas ini karena itu kami sangat berterima kasih apabila pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangun guna menyempurnakan tugas ini. Semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi pembaca.



            Tanjungpinang,April 2012


Penyusun







KONSEP TATA GRAHA

Pengertian
Dalam bahasa inggris housekeeping mempunyai arti:house berate rumah/bangunan/wisma/tempat menginap /hotel,sedangkan keeping adalah menjaga/merawat/mengatur memelihara,sedangkan graham adalah bangunan rumah/wisma/hotel.Definisi tata graham (housekeeping)adalah bagian dari departemen yang bertanggung jawab mengatur atau menata peralata ,menjagakebersihan dan kenyamanan,memperbaiki kerusakan dan member dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi,bersih,menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.

Tujuan
      Menyadarkan bahwa rumah/graham merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam mencapai kesejahteraan.
 Konsep tatalaksana
     Suatu proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang dilakukan beberapa orang dengan mengalokasikan sumber daya seefisian mungkin.
Fungsi
      Fusing housekeeping dalam operasional suatu hotel sangat penting.departemen housekeeping tidak hanya bertanggu jawab untuk mempersiapkan dan membersihkan kamar(guestroom) pada saat kedatangan tamu ,tapi membersihkan ,merawat dan memelihara secara keseluruhan bagi hotel area sehingga terlihat rapid an segar untuk melalui suatu bisnis.
Dalam operasional hotel ,kegiatan pembersihan dilakukan dan dilaksanakan serta menjadi tanggu jawab departemen housekeeping yang kegiatanya dipimpin oleh housekeeping maneger atau executive housekeeping .dalam hotel organisasi departeman housekeeping biasanya mempunyai tanggung jawab area yang sangat luas serta mempunyai jumlah staff yang lebih banyak dari departemen lainnya.




       Karyawan housekeeping memberikan pelanyanan terhadap kelancaran,kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu,pulic area,restaurant,meeting room,laundry,sarana olahraga dan fasilitas lainnya.merekat merupakan bagian dari team yang selalu siap membersihkan dan menyambut kedatangan tamu-tamu hotel.dalam operasional hotel,hal-hal mengenai kebersihan dilakukan dan dilasanakan oleh departemen housekeeping,yang kegiatannya dipimpim oleh housekeeping manager atau executive housekeeping.

Seksi-seksi dalam pemeliharan dan pembersihan area hotel:
1.      Public Area, seksi yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan,nkerapihan, keindahaan dan kenyamanan seluru area hotel,baik yang ada diluar gedung maupun di dalam gedung hotel,antara lain lobby area,restroom,restaurant,meeting room dan fasilitas untuk karyawan hotel.
2.      Room seksi yang mempunyai tanggung jawabuntuk mempersiapkan dan memjaga kebersihan,kerapihan dan kelengkapan kamar tamu.
3.      Laundry,seksi yang mkempunyai tanggung jawab untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluan kamar, restaurant dan meeting room,menyediakan seragam bersih bagi karywan dan memnersihkan kamar tamu yang kotor.
4.      Linen dan Uniform,seksi yang bertanggung jawab untuk mengelola sirkulasi dan penyedian seluruh linen dan uniform bagi kayawan.
5.      Florist seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.
6.      Gardener seksi yang bertanggung jawab untuk memelihara tanaman-tanaman  baik didalam maupun diluar hotel.

Sasaran Housekeeping
Kebersihan.
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena sanitasi dan hygine terjamin.bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu hotel karena kebersihan hotel tersebut.

Kerapian.
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membut ruangan tersebut menjadi lebih menarik.

Kelengkapan.
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standardnya sehingga pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.

           Fasilitas.
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel,sehingga fasilitas tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak menggangu kegiatan –kegiatan mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar